Prodi PGSD

PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)

I.       Visi

Visi Program studi  PGSD STKIP Muhammadiyah Tolitoli memiliki rumusan sebagai berikut: “ Pada tahun 2020 PGSD STKIP Muhammadiyah Tolitoli unggul dalam memajukan pendidikan dan ilmu pengetahuan, membina dan mengembangkan sumber daya manusia tenaga kependidikan untuk pembangunan berwawasan ilmiah dan berakhlak mulia melalui pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan dan pengajaran SD”.

II.      Misi

Untuk mencapai visi tersebut, maka misi Program Studi PGSD STKIP Muhammadiyah Tolitoli memiliki rumusan sebagai berikut :

  1.      Mengembangkan inovasi dan kreativitas di bidang pendidikan dan pengajaran SD/MI;
  2.      Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan;
  3.      Menghasilkan lulusan calon Guru SD/MI yang professional.

III.    Tujuan

Tujuan jurusan PGSD STKIP Muhammadiyah Tolitoli adalah menghasilkan lulusan Sarjana Strata I calon guru kelas SD yang :

  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME;
  2. Memiliki kesadaran tinggi sebagai warga Negara dari masyarakat dan bangsa Indonesia yang Pancasilais;
  3. Menguasai  cara-cara berpikir, teori, generalisasi, konsep, prosedur, dan fakta penting sebagai dasar pengembangan pengetahuan lebih lanjut;
  4. Memiliki pemahaman yang mendalam tentang perkembangan dan karakteristik anak Usia SD/MI;
  5. Memiliki wawasan, sikap dam keterampilan keguruan untuk mengembangkan  perencanaan, pelaksanaan dan penilaian

pendidikan di SD/MI;

  1. Memiliki etika dan budaya ilmiah
  2. Memiliki kebiasaan nilai dan kecenderungan pribadi yang menunjang pengembangan profesi guru, dan jiwa kewirausahaan; dan
  3. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara sosial dan profesional di lingkungan sejawat maupun masyarakat.

IV.    Kompetensi

Profil guru SD-MI dapat dipandang dari dua segi, yaitu subtansi dan segi tataran kompetensinya. Dilihat dari segi subtansinya, profil guru SD-MI dikelompokkan  dalam empat rumpun kompetensi: penguasaan bidang studi, pemahaman peserta didik, penguasaan pembelajaran yang memdidik, serta pengembangan kepribadian dan keprofesionalan.

a.    Penguasaan bidang studi

Kompetensi mengenai penguasaan bidang studi mencakup dua sisi, yaitu penguasaan disiplin ilmu dan pengetahuan kurikuler. Penguasaan disiplin ilmu berkaitan dengan subtansi dan metolodogi dasar keilmuan dari lima bidang studi yaitu: Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn. Sedangkan penguasaan kurikuler berkaitan dengan pemilihan, penataaan, pengemasan, dan representasi materi lima bidang studi sesuai dengan kebutuhan belajar subyek didik di SD-MI.

b.    Pemahaman peserta didik

Kompetensi mengenai pemahaman tentang peserta didik merupakan kemampuan yang harus dimiliki guru dalam memberikan layanan pendidikan berorientasi pada kebutuhan siswa-siswi. Guru harus memahami dengan baik kondisi awal yang dihadapi serta kondisi akhir yang dikehendaki sebagai sasaran capaian pendidikan di SD-MI. Kompetensi ini meliputi tiga

macam ;

1).     Pemahaman terhadap siswa sebagai pribadi yang unik.

2).     Pemahaman terhadap lingkungan keluarga dan sosial budaya masyarakat tempat siswa tumbuh  kembang.

3).     Pemahaman terhadap kemajemukan masyarakat besar Indonesia dan dunia.

c.    Penguasaan pembelajaran yang mendidik

Kompetensi ini merupakan kompetensi yang memberikan kemampuan pengelolaan pembelajaran yang mendidik dan berorientasi pada siswa,  yang tercermin dalam perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran secara dinamis untuk membentuk kompetensi siswa seperti yang dikendaki.

d.    Pengembangan kepribadian dan keprofesionalan

Kompetensi ini mencerminkan daya profesional guru untuk dapat mengetahui, mengukur, dan mengembangkan kemutakhiran kemampuannya secara mandiri. Sebagai guru profesional yang berkepribadian, maka dalam berbagai keputusan dalam pelaksanan tugasnya selalu berorientasi pada kemaslahatan siswa.

Keempat kompetensi ini merupakan suatu kesatuan utuh yang saling berkaitan dan tidak terpisahkan. Selanjutnya, jika dilihat dari segi tataran kompetensinya, Profil guru SD-MI dapat dikelompokkan menjadi tiga tingkatan, yaitu :

  1. Kompetensi Utama (KU), yang terdiri perangkat kemampuan yang mutlak diperlukan dalam melakukan unjuk kerja keguruan-pendidikan yang memungkinkan guru dapat mengambil keputusan-keputusan profesional dalam melaksanakan tugasnya.
  2. Kompetensi Pendukung (KP), merupakan perangkat kemampuan yang berfungsi untuk meningkatkan kemantapan pelaksaan layanan ahli sesuai dengan jenis dan kewenangannya.
  3. Kompetensi Lain (KL), yang merupakan kemampuaan tambahan yang dapat melengkapai kompetensi pelaksanaan tugas sebagai guru kelas.

Akhirnya, mengingat kompleksnya kandungan profil kompetensi keguruan-pendidikan termasuk guru kelas SD-MI, maka asesmen penguasaannya tidak cukup hanya dilakukan dengan teks tertulis. Penguasaan pengetahuan dan pemahaman sebagaian besar memang dapat diakses melalui tes tertulis. Namun, penguasaan keterampilan harus diakses melalui proses penampilan unjuk rasa yang digelar dalam pelaksanaan tugas-tugas professional dan produk yang dihasilkan. Sedangakan penampilan unjuk rasa keguruan-kependidikan yang utuh dalam konteks yang alamiah harus dinilai melalui instrumen yang lebih rumit. Misalnya, Alat Penilaian Kemampuan juru penerapannya memerlukan banyak pertimbangan ahli langsung (direet expert judgement)

KURIKULUM DAN SILABUS DAN SISTEM PEMBELAJARAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)
STKIP MUHAMMADIYAH TOLITOLI

 

A.          PENDAHULUAN

STKIP Muhammadiyah Tolitoli dituntut untuk memiliki kompetensi lulusan yang mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.  045/U/2002 tanggal 2  April 2002  tentang  Kurikulum  Pendidikan  Tinggi  yang  memuat  masalah kompetensi hasil didik suatu program studi beserta elemen-elemennya  yang ditopang dengan memberi penekanan khusus pada penguasaan ilmu dan keterampilan, kemampuan berkarya,  sikap   dan   perilaku  berkarya,  serta  pemahaman  kaidah   berkehidupan bermasyarakat, sehingga mahasiswa siap terjun dalam dunia kerja Dalam  menyiapkan  peserta  didik  untuk  menjadi  anggota  masyarakat  memiliki kemampuan  akademik  yang  profesional  dalam  menerapkan,  mengembangkan  dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Untuk tujuan tersebut bahwa Program Studi Pendidikan Guru  Sekolah Dasar  (PGSD) Jenjang Pendidikan Strata  1 diarahkan pada lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut: Lulusan Program Studi Program Studi Pendidikan Guru  Sekolah Dasar  (PGSD) Jenjang Pendidikan Strata  1 adalah sebagai guru SD/MI dan kompetensi yang diharapkan menguasai cara berfikir, teori,  generalisasi,  konsep,  prosedur  dan  fakta  penting  sebagai  dasar  pengembangan pengetahuan  lebih  lanjut  serta  memiliki  pola  pikir  yang  mendalam  mengenai perkembangan kemampuan murid SD/MI dalam belajar.

B.           KURIKULUM DAN SISTEM PEMBELAJARAN

Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Jenjang Pendidikan Strata 1 STKIP Muhammadiyah Tolitoli  mengacu pada Keputusan Menteri Penddikan Nasional Nomor  232/U/2000  tanggal  20  Desember  2000  tentang Pedoman Penyusunan  Kurikulum  Pendidikan  Tinggi  dan  Penilaian  Hasil  Belajar  Mahasiswa, struktur  program  sarjana  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar (PGSD)  Jenjang  Strata-1 sekurang-kurangnya 148 sks dan sebanyak-banyaknya 160 sks yang dijadwalkan untuk 8 semester dan selama-lamanya 14 semester setelah pendidikan menengah.

Kurikulum inti maupun institusional program sarjana terdiri atas keseluruhan atau sebagian dari kelompok sebagai berikut:

1.       Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

Kelompok  Mata  Kuliah  Pengembangan  Kepribadian  (MPK)  adalah  kelompok bahan  kajian  dan  pelajaran  untuk  mengembangkan  manusia  Indonesia  yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian  mantap,  dan  mandiri  serta  mempunyai  rasa  tanggung  jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

2.       Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)

Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan  (MKK) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu.

3.       Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) adalah kelompok bahan kajian dan  pelajaran  yang  bertujuan  menghasilkan  tenaga  ahli  dengan  kekaryaaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.

4.       Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.

5.       Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat  (MBB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah  berkehidupan  bermasyarakat  sesuai  dengan  pilihan  keahlian  dalam berkarya.

KURIKULUM BERDASARKAN SEMESTER

Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Sem

Kode

Mata Kuliah

SKS

Huruf

Angka

I

MKDU

101

Ilmu Budaya Dasar

2

MKDU

102

Ilmu Alamiah Dasar

2

MKDU

103

Ilmu Sosial Dasar

2

MKDU

104

Pendidikan Pancasila

2

MKDK

105

Kemuhammadiyahan 1

2

PGSD

106

Kapita Selekta Kependidikan SD

3

PGSD

107

Dasar-Dasar Kependidikan

2

PGSD

108

Bimbingan dan Konseling

2

PGSD

109

Pengantar Aplikasi Komputer

3

Jumlah

20

II

MKDU

201

Pendidikan Kewarganegaraan

2

MKDU

202

Bahasa Indonesia

2

MKDU

203

Bahasa Inggris

2

MKDU

204

Pendidikan Agama Islam

2

MKDK

205

Kemuhammadiyahan 2

2

PGSD

206

Pendidikan Matematika I

3

MKDK

207

Psikologi Belajar

2

PGSD

208

Komputer dan Media Pembelajaran

3

Jumlah

18

III

MKDK

301

Pengantar Pendidikan

3

MKDK

302

Perkembangan Peserta Didik**)

2

MKDK

303

Belajar dan Pembelajaran I **)

2

MKDK

304

Profesi Keguruan I**)

2

PGSD

305

Evaluasi Pengajaran**

2

PGSD

306

Pendidikan Seni Musik/Tari dan Drama

2

PGSD

307

Konsep Dasar IPS 1

3

PGSD

308

Konsep Dasar IPA 1

3

Jumlah

19

IV

MKDK

401

Belajar dan Pembelajaran 2

2

MKDK

402

Profesi Keguruan 2

2

PMAK

403

Penilaian Pencapaian Hasil Belajar

3

PGSD

404

Pendidikan Matematika 2

3

PGSD

405

Seni Rupa/Kerajinan Tangan

2

PGSD

406

Konsep Dasar IPA 2

3

PGSD

407

Pendidikan Bhs & Sastra Indo. di Kls. Rendah

3

PGSD

408

Konsep Dasar IPS 2

3

Jumlah

21

V

IDIK

501

Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)

4

PGSD

502

Pendidikan Bhs & Sastra Indo. di Kls. Tinggi

3

PGSD

503

Pendidikan Seni Musik dan Drama

2

PGSD

504

Pembelajaran PKn. SD

3

PGSD

505

Pembelajaran IPS. SD

3

PGSD

506

Pembelajaran IPA. SD

3

PGSD

507

Keterampilan Dasar Menulis

2

Jumlah

20

VI

IDIK

601

Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) Lanjutan

2

PGSD

602

Pendidikan Bahasa Inggris SD

2

PGSD

603

Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran

4

PGSD

604

Pembelajaran Matematika. SD

3

PGSD

605

Pembelajaran Bahasa Indonesia. SD

3

PGSD

606

Pembelajaran Kertakes. SD

3

PMAK

607

Strategi Belajar Mengajar

3

Jumlah

20

VII

IDIK

701

Metode Penelitian

2

IDIK

702

Penelitian Tindakan Kelas

3

IDIK

703

Teknik Penulisan Karya Ilmiah

2

PGSD

704

Micro Teaching **)

2

PGSD

705

Pengantar Pendidikan Luar Biasa

3

PGSD

706

Statistika Dasar

3

PGSD

707

Pengembangan Program Muatan Lokal

2

Jumlah

17

VIII

PGSD

801

Manajemen Berbasis Sekolah (MBBS)

3

PGSD

802

Test dan Asessment di SD

2

PGSD

803

Pemantapan Pengalaman Lapangan (PPL)

4

PGSD

804

Tugas Akhir Program/Skripsi

6

Jumlah

15

TOTAL SKS

150

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: